« HOME | Penasaran dengan Memaksimalisasi Otak Tengah » | Jumlah Relawan Semakin Menurun, Anak-Anak di Pengu... » | Codeku Aman Codeku Nyaman » | Pemprov Yogya Siapkan 2.500 Rumah Sementara Korban... » | Bantuan di Maguwoharjo: Masuk Gampang, Keluar Susa... » | Khalid Saleh Al Akhmin, Sosok Dibalik Penggunting ... » | Abu Masih Tebal, Kegiatan Transportasi Umum Terham... » | Dari Balerante hingga Babarsari, Tujuh Kali Pindah... » | Anak-anak Pengungsi Outbound » | Desktop Virtualization »

Nasi Bungkus Raksasa


YOGYAKARTA - Komunitas Seniman Yogyakarta mendukung keistimewaan Yogyakarta dengan cara unik. Mereka membuat nasi bungkus ukuran besar yang kemudian diarak lalu dipajang di kawasan Nol Kilometer Yogyakarta, Jumat (7/1/2011).

Koordiantor Komunitas Seniman Yogyakarta Ong Hari Wahyu mengatakan, nasi bungkus bagi Yogyakarta mempunyai filosofis yang mendalam. Nasi bungkus merupakan semangat kegotongroyongan dan kebersamaan dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk wong cilik. "Ini adalah spirit Keistimewaan Yogyakarta," katanya, Jumat (7/1/2011).

Dia menambahkan, saat Yogyakarta diterjang berbagai musibah seperti Gempa Bumi pada 2006 yang menewaskan ribuan orang maupun erupsi Merapi , keberadaan nasi bungkus bisa menjadi perekat kekeluargaan. "

Saat kita diterpa musibah, warga dengan suka rela memberikan nasi bungkus kepada para korban, termasuk di pengungsian," ungkapnya.

Menurut dia, dengan nasi bungkus berbagai cobaan yang dialami warga Yogyakarta tidak menyurutkan semangat kebersamaan warganya. "Inilah keistimewaannya, di saat modernisasi begitu kuat memasuki sendi-sendi kehidupan, namun nilai tradisi berupa kebersamaan, kegotongroyongan tidak pernah padam. Di Yogyakarta modernisasi dan tradisi serta budi pekerti hidup berdampingan," jelasnya.

Nasi bungkus ukuran raksasa itu dikirab dari Taman Budaya Yogyakarta (TBY) dan dipajang di Kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Nasi bungkus buatan seniman Budi Ugruk itu diarak meliwati Pasar Beringharjo dengan diiringi berbagai elemen masyarakat, mulai dari Pasukan Bregodo, Pasukan Lombok Abang, Paguyubuan Buruh Gendong Pasar Beringharjo dan lainnya.

Nasi bungkus raksasa itu sengaja dipajang di ruang publik, agar semangat kebersamaan dan kegotongroyongan akan terus berada di dalam jiwa masyarakat Yogyakarta. Nasi bungkus itu dipajang di ruang publik selama enam bulan, lalu diganti dengan yang baru dengan ukuran yang sama. "Jadi setiap enam bulan diganti," kata Ong.

Si pembuat nasi bungkus raksasa, Budi Ugruk, mengatakan, pembuatan nasi bungkus raksasa itu membutuhkan waktu 20 hari. Alat yang digunakan berupa logam (seng) ukuran 11 meter persegi.

"Kira-kira membutuhkan 11 potong seng. Seng itu dilem lalu dibuat seperti layaknya bungkusan nasi yang besar. Kemasan mirip seperti nasi bungkus dengan bungkusan koran. Nasi bungksu itu banyak dijumpai di angkringan-angkringan di Yogyakarta," jelasnya.
(artikel news.okezone.com; image esq-news.com)

Labels:

Links to this post

Create a Link


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...






About me

Powered by FeedBurner Add to Google Reader or Homepage

Unen - unen

"Carilah kekuatan di gelapnya malam, di sujud-sujud panjang, di syahdunya tilawah, di laparnya shaum. Sesungguhnya setiap hamba itu lemah dan hanya Alloh Ta'alaa Pemilik Kekuatan Sempurna"

"Sungguh unik pribadi orang beriman semua perkara yang ada padanya adalah baik. Jika bahagia dia bersyukur dan jika berduka dia bersabar dan itu baik baginya"

Empat Kunci kebahagiaan hidup :
  • Memelihara prasangka baik,
  • Menegakkan sholat malam,
  • Memperbanyak tilawah Al-Qur'an,
  • Ikhlas dan tawakal atas keputusan Alloh.

  • Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. ( Khalifah 'Ali )

    Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah. ( Ibnu Mas'ud )


    My Photo


    Mybloglog


    Donate Me


    My Links

    Blog Shoes Shop Blogger Indonesia Blog Tutorial    Kolom blog tutorial My Daily Thoughts Kedungbrita Indonesia Kemarin
    Links to Site

    Aggregator

      blog-indonesia 

    RSS Feeds

      Powered by  MyPagerank.Net Add to Pageflakes Subscribe in Bloglines Add MEDITATE | PERSONAL | PERENUNGAN to Newsburst from CNET News.com

    Make money online


    Ingin mendapat pengasilan dari web anda? Click button di bawah ini
    Text Link Ads

    Ayo Ngeblog


    BANTULKU



    P a r t n e r

    Adsense Indonesia

    eXTReMe Tracker

    Google