« HOME | Pemprov Yogya Siapkan 2.500 Rumah Sementara Korban... » | Bantuan di Maguwoharjo: Masuk Gampang, Keluar Susa... » | Khalid Saleh Al Akhmin, Sosok Dibalik Penggunting ... » | Abu Masih Tebal, Kegiatan Transportasi Umum Terham... » | Dari Balerante hingga Babarsari, Tujuh Kali Pindah... » | Anak-anak Pengungsi Outbound » | Desktop Virtualization » | AGAMA ISLAM SOLUSI SELURUH RASA KETAKUTAN DAN MASA... » | MERAIH KESUKSESAN DENGAN KESABARAN » | DIBALIK FENOMENA FACEBOOK »

Codeku Aman Codeku Nyaman


JALIN MERAPI (Yogyakarta, Selasa, 23 Nov 2010). Pasir dan material vulkanik lainnya yang mengendap di sepanjang aliran sungai yang berhulu di lereng Merapi ternyata membawa berkah tersendiri bagi warga yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai.

Salah satu warga yang menikmati berkah tersebut adalah Suladi, seorang karyawan di sebuah perusahaan pakaian yang berada di Kota Yogyakarta. Ketika relawan Jalin Merapi datang, tampak Suladi sedang mencangkuli pasir di belakang rumahnya, ditemani anak dan istrinya yang duduk di atas tangga. Suladi mencangkuli pasir untuk membangun rumah di daerah Bantul. Seorang teman sudah memesan pasir yang dia kumpulkan. Pada saat bersamaan, tampak warga lainnya yang juga sudah turun ke kali untuk mengambil pasir. Pasir yang ada di kali tersebut ternyata pasir yang istimewa dan lembut, jadi tidak perlu diayak lagi. Di pasaran, harga pasir ini cukup tinggi, mencapai Rp 120.000 untuk satu bak mobil pick up.

Selain keuntungan berupa penggalian pasir untuk digunakan sendiri maupun dijual, terdapat juga beberapa kerugian yang diderita warga. Banyak persediaan air bersih warga menjadi kotor. Beberapa kamar mandi warga rusak berat, meski sudah diperbaiki, namun sampai sekarang belum bisa digunakan. Akhirnya, beberapa warga menumpang mandi di sumur tetangga yang tempatnya lebih di atas sedikit. Kerugian lainnya, tempat bermain dan berkumpul anak-anak, misalnya tanah lapang untuk bermain bola, menjadi becek dipenuhi pasir.

Hingga sekarang, untuk mengantisipasi luapan pasir dan air Kali Code, warga memperketat ronda.Warga di sekitar daerah aliran Kali Code tidak merasa risau karena air dan pasir tidak sampai ke atas, ke rumah mereka. Sampai sekarang, bantaran Kali Code masih nyaman untuk mereka. Bahkan, belakangan ini, pemandangan endapan pasir yang merata di seluruh badan sungai, ditambah anak-anak yang asyik bermain di tengah-tengah endapan pasir tersebut, menjadi tontonan orang-orang yang berlalu lalang.

Akibat lahar dingin Merapi, banyak permukaan sungai di wilayah Yogyakarta yang naik hingga 2 meter, misalnya Kali Code, Kali Kuning dan Kali Mboyong. Naik permukaan sungai tersebut bukan karena luapan air, melainkan karena timbunan pasir dan lumpur yang terbawa dari atas. Di bantaran Kali Code, di Desa Gondolayu, Kelurahan Kotabaru, ketinggian pasir mencapai satu setengah meter. (Aan Mei Handoko

Labels: ,

Links to this post

Create a Link


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...






About me

Powered by FeedBurner Add to Google Reader or Homepage

Unen - unen

"Carilah kekuatan di gelapnya malam, di sujud-sujud panjang, di syahdunya tilawah, di laparnya shaum. Sesungguhnya setiap hamba itu lemah dan hanya Alloh Ta'alaa Pemilik Kekuatan Sempurna"

"Sungguh unik pribadi orang beriman semua perkara yang ada padanya adalah baik. Jika bahagia dia bersyukur dan jika berduka dia bersabar dan itu baik baginya"

Empat Kunci kebahagiaan hidup :
  • Memelihara prasangka baik,
  • Menegakkan sholat malam,
  • Memperbanyak tilawah Al-Qur'an,
  • Ikhlas dan tawakal atas keputusan Alloh.

  • Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. ( Khalifah 'Ali )

    Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah. ( Ibnu Mas'ud )


    My Photo


    Mybloglog


    Donate Me


    My Links

    Blog Shoes Shop Blogger Indonesia Blog Tutorial    Kolom blog tutorial My Daily Thoughts Kedungbrita Indonesia Kemarin
    Links to Site

    Aggregator

      blog-indonesia 

    RSS Feeds

      Powered by  MyPagerank.Net Add to Pageflakes Subscribe in Bloglines Add MEDITATE | PERSONAL | PERENUNGAN to Newsburst from CNET News.com

    Make money online


    Ingin mendapat pengasilan dari web anda? Click button di bawah ini
    Text Link Ads

    Ayo Ngeblog


    BANTULKU



    P a r t n e r

    Adsense Indonesia

    eXTReMe Tracker

    Google