« HOME | Kasih sayang Alloh yang tak terhingga » | Alloh mengatur kebutuhan tiap makluk hidup » | Siapkah menghadapi sakaratul maut? » | Hadirnya empat malaikat » | Hadirnya malaikat maut » | Ruh manusia dihadapkan kepada Alloh Ta'alaa » | Tiga langkah jenazah keluar dari rumah » | Bumi dan alam kubur mengingatkan » | Ramadhan : Sang Tamu Agung » | Klik iklan dapat uang »

Sabar menghadapi cobaan

27 September 2006, hari masih amat pagi ketika gempa bumi menguncang Yogyakarta dan sekitarnya. Banyak rumah dan bangunan luluh lantah, korban jiwa pun berjatuhan. Bencana ini memang tak diduga dan menyisakan duka yang mendalam. Namun terus terlarut dalam kesedihan tidaklah berguna. Mari kita sikapi musibah dengan tabah, ikhlas dan sabar.

Kita wajib mengimani bahwa musibah yang menimpa manusia adalah ketentuan Alloh SWT. Musibah adalah ujian untuk meningkatkan derajat manusia di sisi Alloh. Berbahagialah orang yang lulus dari ujian dan merugilah orang yang tidak tahan ujian.

Alloh berfirman : "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka di biarkan (saja) mengatakan : "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi ? Dan sesungguhnya Kami (Alloh) telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Alloh mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta" (QS Al Ankabut : 2-3)

Tatkala seorang mukmin tertimpa musibah ia bersabar, menjauhkan diri dari sikap putus asa dan mengembalikan seluruh urusan tersebut kepada Alloh SWT. Makna sabar, menurut Said bin Jibeir, adalah pengakuan seorang hamba kepada Alloh atas musibah yang menimpanya itu dari Alloh dan menyerahkan perhitungannya kepada Alloh dengan mengharapkan pahala-Nya. Semua merupakan takdir Alloh SWT yang harus diimani dan diterima dengan sikap ridha terhadap kehendak-Nya.

Yang namanya cobaan memang sudah digariskan Alloh. Ingat firman-Nya : "Dan sungguh akan Kami (Alloh) berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan : " Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun". Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk" (QS Al Baqarah : 155 - 157 )

Sesungguhnya dibalik ujian ini, Alloh memberikan hikmah yang dapat dipetik dikemudian hari. Apa saja ? Jika kita bersabar, musibah bisa menjadi penebus dosa-dosa kita, meningkatkan kedudukan dan derajat kita di sisi Alloh SWT, mendapatkan imbalan di dunia, membersihkan jiwa, menyadarkan kita pada hakekat yang sebenarnya bahwa kita lemah adanya.

Labels: , ,

Links to this post

Create a Link


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...






About me

Powered by FeedBurner Add to Google Reader or Homepage

Unen - unen

"Carilah kekuatan di gelapnya malam, di sujud-sujud panjang, di syahdunya tilawah, di laparnya shaum. Sesungguhnya setiap hamba itu lemah dan hanya Alloh Ta'alaa Pemilik Kekuatan Sempurna"

"Sungguh unik pribadi orang beriman semua perkara yang ada padanya adalah baik. Jika bahagia dia bersyukur dan jika berduka dia bersabar dan itu baik baginya"

Empat Kunci kebahagiaan hidup :
  • Memelihara prasangka baik,
  • Menegakkan sholat malam,
  • Memperbanyak tilawah Al-Qur'an,
  • Ikhlas dan tawakal atas keputusan Alloh.

  • Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. ( Khalifah 'Ali )

    Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah. ( Ibnu Mas'ud )


    My Photo


    Mybloglog


    Donate Me


    My Links

    Blog Shoes Shop Blogger Indonesia Blog Tutorial    Kolom blog tutorial My Daily Thoughts Kedungbrita Indonesia Kemarin
    Links to Site

    Aggregator

      blog-indonesia 

    RSS Feeds

      Powered by  MyPagerank.Net Add to Pageflakes Subscribe in Bloglines Add MEDITATE | PERSONAL | PERENUNGAN to Newsburst from CNET News.com

    Make money online


    Ingin mendapat pengasilan dari web anda? Click button di bawah ini
    Text Link Ads

    Ayo Ngeblog


    BANTULKU



    P a r t n e r

    Adsense Indonesia

    eXTReMe Tracker

    Google