« HOME | Sabar menghadapi cobaan » | Kasih sayang Alloh yang tak terhingga » | Alloh mengatur kebutuhan tiap makluk hidup » | Siapkah menghadapi sakaratul maut? » | Hadirnya empat malaikat » | Hadirnya malaikat maut » | Ruh manusia dihadapkan kepada Alloh Ta'alaa » | Tiga langkah jenazah keluar dari rumah » | Bumi dan alam kubur mengingatkan » | Ramadhan : Sang Tamu Agung »

Betapa rapuh diriku

Kerisauan dan kegelisahan hidup sepanjang hari senantiasa aku alami, mengingat betapa berat beban hidup ini. Aku harus menghidupi istri, kedua buah hati dan aku juga harus merawat kedua orang tuaku. Ditengah kondisi ekonomi yang semakin tidak tentu, harga kebutuhan semakin membumbung tinggi dan biaya untuk memenuhi kebutuhan keluarga semakin hari semakin tak mampu aku cukupi. Mulai dari kebutuhan makan sehari-hari, susu anak-anak, biaya rekening listrik, rekening air, mencicil hutang-hutang, sampai arisan serasa semakin membebaniku.

Selama itu aku senantiasa mencoba untuk tegar sebisaku memenuhi semua yang menjadi kebutuhan keluarga dengan bekerja sebisaku. Sementara hasil dari pekerjaanku samasekali tidak dapat dijadikan pengharapan, demikian juga dengan hasil kerja istriku jauh dari cukup. Namun apa yang bisa aku lakukan, hanya menjalani semua dengan kesabaran dan kepasrahan. Memang benar, Alloh Ta'alaa telah mengatur semua kebutuhan umat-Nya, terbukti dengan penghasilan seadanya kami masih bisa makan, anak-anak masih bisa minum susu, sebagian hutang masih bisa kami cicil walau sebagian besar hutang yang lain harus kami tunda pembayarannya.

Hal seperti itu berlangsung begitu lama namun sepertinya bagiku yang aku terima masih kurang sehingga sifat lemah iman menggerogotiku, kesabaran yang tadinya aku coba pelihara semakin hari semakin surut, sikap pasrah yang ada dalam hatiku kala itu terkikis oleh kelemahanku. Dalam batin terbersit sebuah pembenaran : orang-orang yang tidak sholat dan jauh dari agama Alloh hidupnya senang-senang saja bahkan semakin bertambah kekayaannya. Mereka yang bergelimang maksiyat terlihat begitu nikmat menjalani hidup mereka, tanpa beban seakan semua yang mereka inginkan mudah mereka dapatkan. Mengapa aku yang menjalankan ibadah baik sholat, puasa, wirid dan selalu mengingat Alloh (menurut pengertianku karena Alloh Ta'alaa yang lebih tahu) selalu susah untuk mendapatkan apa yang aku inginkan. Padahal aku tidak meminta agar kaya raya dan bergelimang harta, hanya tercukupi kebutuhan hidup kami, tapi apa yang aku harapkan itu sangat susah didapatkan.

Akhirnya ibadah sholatku dari hari kehari semakin menurun kwalitasnya hingga pada suatu kesempatan samasekali tidak melakukan sholat. Namun apa yang terjadi bukan ketenangan dan kesuksesan yang aku dapatkan, kesusahan hidupku dan keluargaku semakin bertambah dari hari ke hari. Hal itu tidak berlangsung lama, aku mulai menyadari kekeliruan jalan fikiran tentang orang-orang yang jauh dari ibadah kepada Alloh. Sesungguhnya Alloh sangat menyayangiku, betapa tidak seandainya saja ketika aku tidak beribadah kepada Alloh jauh dari Alloh dan dengan kekuasaan-NYA, Alloh menjadikan hidupku secara materi duniawi terpenuhi dan aku terlena dan semakin terlena sampai akhir hidupku, akan jadi apa aku ketika menghadap Alloh Ta'alaa.

Aku menyadari semua terjadi bukan tanpa kendali dari Alloh, dengan kuasa-NYA Alloh ingin menunjukkan kepadaku betapa rapuh dan lemahnya manusia tanpa pertolongan Alloh. Keyakinanku semakin tebal tatkala si bungsu yang setiap hari aku ajarkan bacaan surat Al-Fatihah, sepanjang hari membaca penggalan surat Al-Fatihah yang berbunyi "iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin".
Yaa Alloh ternyata Engkau membuka tabir itu semakin jelas lewat putraku yang tentu tidak dia fahami apa yang dia baca. Arti dari penggalan surat Al-Fatihah tersebut : "Kepada-MU (Alloh) lah aku menyembah dan hanya kepada-MU (Alloh) lah aku memohon pertolongan". Pencarianku berujung pada sebuah kenyataan yang tak terpungkiri bahwa Alloh Maha Penolong.

Alloh begitu indahnya menata hidup kami sesuai dengan kehendak-NYA. Penghasilanku yang apabila dihitung secara matematis samasekali tidak mampu mencukupi seluruh kebutuhan hidup kami. Namun Alloh mengaturnya begitu sempurna mulai tanpa diduga aku mendapatkan hasil lebih dari bisanya, dari kumpulan ibu-ibu istriku mendapat arisan, memperoleh pinjaman dan lain sebagainya yang semua itu tentu atas izin dan kehendak Alloh. Semua yang terjadi menjadikan aku sungguh sangat bersyukur, walau hidup kami boleh dikatakan kekurangan namun aku belajar untuk mensyukuri nikmat yang Alloh berikan, mengapa aku tidak menyadari bahwa nikmat dari Alloh aku dapatkan setiap saat dalam hidupku mulai dari bangun pagi, Alloh masih memberikan aku waktu untuk menghirup udara, menikmati hari dengan tubuh yang sehat,menyaksikan Vara dan Fazeh yang setiap pagi susah untuk disuruh mandi, menikmati hidangan walau seadanya dengan nikmat sementara orang lain walau bergelimang kemewahan namun tidak dapat menikmati karunia Alloh karena sakit yang parah. Tentu masih banyak lagi nikmat lain yang seandainya aku tuliskan tak cukup untuk aku paparkan hingga menjelang tidurku.

Benar adanya bahwa Alloh Ta'alaa berserta orang-orang yang sabar dan berserah diri, Alloh memudahkan segala urusan, kesulitan dan perkara-perkaraku. Tentu itu semua terjadi sesuai dengan kehendak dan rencana-NYA, aku samasekali tidak memiliki kemampuan untuk meminta penyelesaian sesuai dengan kemauanku sendiri. Penyelesaian segala urusanku ternyata begitu sempurna dari yang Maha Sempurna, semoga benar adanya Alloh meridhoiku. Tidak ada keraguan lagi bahwa hidup memang harus disyukuri apapun keadaan hidup kita itulah yang terbaik menurut Alloh, menjalaninya dengan kesabaran dan ketawakalan karena Alloh pasti menguji umat-NYA yang mengaku beriman kepada-NYA dengan segala bentuk ujian.

Labels:


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...






About me

Powered by FeedBurner Add to Google Reader or Homepage

Unen - unen

"Carilah kekuatan di gelapnya malam, di sujud-sujud panjang, di syahdunya tilawah, di laparnya shaum. Sesungguhnya setiap hamba itu lemah dan hanya Alloh Ta'alaa Pemilik Kekuatan Sempurna"

"Sungguh unik pribadi orang beriman semua perkara yang ada padanya adalah baik. Jika bahagia dia bersyukur dan jika berduka dia bersabar dan itu baik baginya"

Empat Kunci kebahagiaan hidup :
  • Memelihara prasangka baik,
  • Menegakkan sholat malam,
  • Memperbanyak tilawah Al-Qur'an,
  • Ikhlas dan tawakal atas keputusan Alloh.

  • Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. ( Khalifah 'Ali )

    Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah. ( Ibnu Mas'ud )


    My Photo


    Mybloglog


    Donate Me


    My Links

    Blog Shoes Shop Blogger Indonesia Blog Tutorial    Kolom blog tutorial My Daily Thoughts Kedungbrita Indonesia Kemarin
    Links to Site

    Aggregator

      blog-indonesia 

    RSS Feeds

      Powered by  MyPagerank.Net Add to Pageflakes Subscribe in Bloglines Add MEDITATE | PERSONAL | PERENUNGAN to Newsburst from CNET News.com

    Make money online


    Ingin mendapat pengasilan dari web anda? Click button di bawah ini
    Text Link Ads

    Ayo Ngeblog


    BANTULKU



    P a r t n e r

    Adsense Indonesia

    eXTReMe Tracker

    Google