« HOME | Mengenal Alloh sejak dini » | Bagaimana merangsang kecerdasan majemuk anak » | Kerinduan pada Sang Kholiq » | Kisah seorang ibu » | Muslim and Poverty » | Relativitas Waktu » | Akhirat, tempat tinggal sesungguhnya manusia » | Datang dari Allah dan akan kembali kepadaNya » | Kedahsyatan Saat Menjelang Maut » | Surfing dibayar dollar »

Memupuk rasa tanggung jawab anak

Saat mainan anak berserakan di lantai, pada umumnya yang sering dilakukan orang tua ada dua. Pertama, memarahi anak karena tidak bisa membereskan mainannya. Kedua, besegera membereskan mainan tersebut tanpa melibatkan anak. Mana yang paling pas ? Tidak ada. Yang baik adalah membereskan mainan dengan melibatkan anak atau mengajari anak untuk dapat membereskan mainannya.

Ada analogi menarik yang dikemukakan John Gray dalam bukunya Children Are from Heaven. Menurut John Gray, seekor kupu-kupu tidak akan muncul dari kepompongnya tanpa berjuang keras. Kalu kita sebagai orang tua membukakan kepompongnya karena merasa kasihan atau agar kupu-kupu tidak usah bersusah payah untuk keluar kita malah akan membunuhnya. Perjuangan keras untuk keluar dari kepompong itu diperlukan anak untuk proses pematangan diri.

Imam Musbikin dalam bukunya Anak Kreatif Ala Einstein menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk melatih tangungjawab anak akan barang-barang miliknya.

Pertama, buat daftar inventaris barang anak Anda, letakkan di tempat yang mudah dilihat. Periksa setiap pekan bersama anak Anda, bila ada barang baru segeralah tambahkan, bila ada barang yang hilang dan anak Anda tidak dapat memberikan keterangan yang jelas berilah hukuman yang mendidik seperti membersihkan rumah.

Kedua, beri peringatan tantang nilai dan harga barang sehingga anak berhati-hati dalam menjaga barangnya. Ingatkan dan ajari ia senantiasa untuk menyimpan, merapikan maupun membersihkan barang-barangnya. Bila ada barang yang rusak tidak perlu segera di ganti, ajarilah ia untuk memperbaikinya dulu bila masih bisa diperbaiki. Biarkan sekali waktu ia kebingungan mencari barang-barangnya ketika ia tetap dengan kebiasaannya tidak mau membereskan barang. Beri penghargaan, pujian ataupun hadiah bila ia bisa melaksanakan pekerjaanya dengan baik.

Ketiga, beri ia tempat khusus untuk menyimpan barang-barangnnya, karena hal ini dapat melatih tanggungjawab atas barang dan tempatnya. Beri ia teladan karena anak sering kali meniru langsung sikap dan kebiasaan orang tua.

Dengan latihan dan bimbingan yang kontinyu, lambat laun hal tersebut dapat berkembang menjadi suatu kebiasaan sehingga tumbuh rasa tanggungjawab pada diri anak.
(QA Prophetic Parenting Magazin dan beberapa sumber )

Labels:

Links to this post

Create a Link


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...






About me

Powered by FeedBurner Add to Google Reader or Homepage

Unen - unen

"Carilah kekuatan di gelapnya malam, di sujud-sujud panjang, di syahdunya tilawah, di laparnya shaum. Sesungguhnya setiap hamba itu lemah dan hanya Alloh Ta'alaa Pemilik Kekuatan Sempurna"

"Sungguh unik pribadi orang beriman semua perkara yang ada padanya adalah baik. Jika bahagia dia bersyukur dan jika berduka dia bersabar dan itu baik baginya"

Empat Kunci kebahagiaan hidup :
  • Memelihara prasangka baik,
  • Menegakkan sholat malam,
  • Memperbanyak tilawah Al-Qur'an,
  • Ikhlas dan tawakal atas keputusan Alloh.

  • Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. ( Khalifah 'Ali )

    Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah. ( Ibnu Mas'ud )


    My Photo


    Mybloglog


    Donate Me


    My Links

    Blog Shoes Shop Blogger Indonesia Blog Tutorial    Kolom blog tutorial My Daily Thoughts Kedungbrita Indonesia Kemarin
    Links to Site

    Aggregator

      blog-indonesia 

    RSS Feeds

      Powered by  MyPagerank.Net Add to Pageflakes Subscribe in Bloglines Add MEDITATE | PERSONAL | PERENUNGAN to Newsburst from CNET News.com

    Make money online


    Ingin mendapat pengasilan dari web anda? Click button di bawah ini
    Text Link Ads

    Ayo Ngeblog


    BANTULKU



    P a r t n e r

    Adsense Indonesia

    eXTReMe Tracker

    Google